Pupuk KCL

Mengenal Pupuk KCL Sekaligus Manfaatnya Bagi Pertumbuhan Tanaman

Berbicara mengenai pupuk pastinya ada banyak sekali jenisnya. Kini para petani bisa dengan mudah menentukan sebuah pilihan pupuk terbaik untuk tanaman mereka. Pupuk KCL merupakan pupuk anorganik yang mempunyai kandungan kalium tinggi.

Pupuk tersebut sudah tersedia dalam bentuk cair maupun serbuk kristal. Pupuk tersebut sengaja dijadikan pilihan agar mampu tingkatkan kualitas hasil panen sebuah tanaman. Semisal saja tanaman padi, jahe, kacang panjang, cabai, jagung dan masih banyak lainnya.

Apabila anda berkeinginan mencari pupuk yang sangat tepat untuk pertanian. Alangkah baiknya menyimak artikel ini sampai habis. Di dalam tanah memang tersedia beragam jenis unsur hara yang sangat berguna bagi kesuburan tanaman. Hanya saja ada kondisi tertentu yang mampu menjadikan sebidang tanah masih kekurangan asupan unsur hara. Seperti halnya kalium. Inilah mengapa tanah perlu diberi pupuk KCL.

Jika tanah masih kekurangan unsure kalium, maka bunga tanaman pun bakalan mudah rontok. Bahkan buahnya pun nantinya tidak mampu berkembang dengan baik. Selain itu tanaman begitu mudahnya terserang oleh hama. Inilah mengapa anda perlu memberikan pupuk secara teratur sesuai ketentuan yang ada.

Cara tepat menentukan pilihan pupuk KCL

Jika tanah masih kekurangan asupan unsur kalium tentu saja tidak bagus bagi pertumbuhannya nanti. Anda seharusnya mampu memperhitungkan kapankah harus memberikan pupuk pada tanaman. Jangan sampai nantinya pertumbuhan tanaman semakin terhambat hanya karena kekurangan pupuk. Kini ada banyak sekali merek pupuk KCL yang sudah beredar. Jadi anda pun bisa dengan mudah mendapatkan produknya.

Namun sebelum membeli sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips terbaik ini dalam memilih pupuk KCL. Dari pada penasaran sebaiknya simak ulasan berikut ini:

  • Memilih berdasarkan pada bentuknya

Sekarang ini sudah tersedia dua bentuk pupuk KCL telah beredar di pasaran yakni bentuk serbuk kristal maupun cair. Kedua jenis pupuk ini sudah pasti sangat berbeda dalam hal cara pengaplikasiannya. Biasanya untuk serbuk Kristal seringkali langsung ditaburkan atau bahkan dicampurkan dengan air. Sedangkan pupuk dalam bentuk cair ini begitu mudah terserap merata pada tanaman, jadi anda tetap perlu mencampurkan pupuk dengan air.

  • Menyesuaikan penggunaan pupuk menurut jenis tanaman

Anda sebagai petani seharusnya paham betul dengan beragam jenis pupuk kimia yang sudah tersedia. Dimana tanaman tanpa adanya pemupukan pasti pertumbuhannya bakalan terhambat. Belum lagi untuk hasil panennya sudah pasti mengecewakan. Beruntungnya kini sudah tersedia pupuk KCL yang mampu membantu tingkatkan hasil panen.

Biasanya untuk dosis pemberian pupuk pada tanaman harus disesuaikan menurut luas bidang tanah, kondisi tanah bahkan juga jenis tanaman. Siapa sangka ternyata pupuk tersebut sekarang paling banyak dipergunakan untuk tanaman jagung, padi, kacang panjang, tomat bahkan cabai sekalipun. Sementara itu tanaman bawang merah masih merasa kurang cocok jika diberi pupuk tersebut. Sebab bawang merah memang sensitif sekali akan kandungan unsur klor.

  • Perhatikan pula keaslian pupuk

Pupuk KCL merupakan salah satu jenis pupuk yang sekarang ini menjadi incaran para petani. Hal ini seakan memunculkan pemalsuan pupuk tersebut. KCL merah sering dipalsukan hanya dengan dicampurkan clay ataupun tanah liat merah. Sementara KCL putih dipalsukan hanya dengan perbanyak kandungan NaClnya. Padahal pupuk palsu ini kandungan nutrisinya masih kurang sesuai menurut mutu yang sudah ditetapkan.

Ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh agar tanaman bisa menjadi lebih subur. Salah satunya tentu saja dengan mempergunakan pupuk kimia yakni pupuk KCL. Kebanyakan masyarakat sekarang lebih suka mengisi waktu luangnya hanya untuk berkebun di rumah. Meskipun kebanyakan dari mereka lebih suka mempergunakan cara bahkan media tanam sederhana. Namun kualitas tumbuhan pasti bisa dipengaruhi dengan cara perawatan yang tepat.

Perawatan yang benar pastinya bisa dilakukan hanya dengan memberikan pupuk secara berkala. Jadi tanaman pun nantinya bisa tumbuh lebih subur. Pupuk KCL merupakan jenis pupuk buatan dengan kandungan unsur hara kalium tinggi setidaknya sekitar 60 persen. Menariknya lagi pupuk tersebut cocok sekali dipergunakan untuk beragam jenis tanaman. Entah tanaman hias, tanaman buah, holtikultura maupun jenis tanaman pangan lainnya.

Mengenal manfaat dari pupuk KCL

Ketika kita sudah membahas mengenai pengertiannya. Kini sudah saatnya mengetahui juga beragam jenis manfaatnya bagi pertumbuhan tanaman. Dari pada merasa penasaran akan beragam manfaatnya. Sebaiknya menyimak ulasan pentingnya berikut ini:

  • Mampu tingkatkan kualitas tanaman

Pemberian pupuk pada tanaman memang sangat penting sekali. Dimana anda juga perlu memperhatikan dosis pemberian pupuk paling tepat. Kini pemberian  pupuk KCL sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tanamannya. Pupuk kimia yang satu ini bisa membuat hasil panennya berukuran besar bahkan juga lebih berat. Jadi alangkah baiknya anda mengaplikasikan pupuk tersebut pada tanaman.

  • Mampu tingkatkan hasil panennya

Adanya kandungan klorida yang berada dalam pupuk ternyata sudah dipercaya mampu tingkatkan hasil panennya. Jadi pemberian pupuk pada tanaman sangat bermanfaat sekali. Mengapa harus merasa ragu jika kita mampu memberikan manfaat bagi pertumbuhan tanaman. Apalagi nantinya hasil panen kita mengalami peningkatan. Pastinya bakalan merasa bahagia sekali.

  • Tanaman lebih tahan terhadap penyakit

Manfaat lain dari pupuk KCL ternyata mampu menjadikan tanaman terkesan lebih tahan akan kekeringan maupun penyakit. Saat tanaman sedang kekeringan maka hal tersebut mampu menjadikan tanaman mati sebelum mampu menghasilkan buah. Dengan memberikan pupuk sesuai dengan takaran dosisnya maka pertumbuhan tanaman pun semakin bagus hingga panen. Tanaman bisa dengan mudah membentuk bahkan mengangkut karbohidrat.

  • Batang tanaman menjadi lebih kokoh dan berdiri tegak

Pupuk kimia yang satu ini memang mampu menaikkan pertumbuhan pada jaringan meristem sekaligus mampu mengatur pergerakan stomata. KCL konon juga mampu membantu perkembangan akar tanaman sehingga batang tanaman nantinya bisa berdiri tegak dan pastinya lebih kokoh.

Itulah tadi berbagai macam manfaat dari KCL untuk pertumbuhan tanaman. Semoga saja anda mampu memberikan dosis pupuk sesuai ketentuan. Dimana pupuk tersebut sekarang sudah menjadi incaran para petani. Dari segi harganya pun pupuk ini terbilang terjangkau sekali untuk semua kalangan masyarakat.

Pengaplikasian pupuk KCL sebaiknya anda lakukan ketika tanaman sudah masuk dalam masa berbunga. Cara tersebut dipercaya mampu tingkatkan aktivitas dalam pembentukan hasil biji ataupun buah pada tanaman. Jadi hasil biji maupun buah pun bisa lebih sempurna. Sebetulnya masih banyak sekali pilihan lain untuk pupuk kimia.

Dimana pupuk KCL ini menjadi salah satu jenis pupuk yang mampu tingkatkan hasil panen. Apalagi pengaplikasian pupuk tersebut begitu mudah sekali untuk dilakukan. Setidaknya anda bisa mengikuti anjuran pemberian pupuk paling tepat. Jadi tanaman pun nantinya tidak bakalan kelebihan asupan pupuk.

Mengingat banyaknya manfaat dari KCL, para petani seakan mengincar pupuk tersebut. Kini pupuk tersebut bisa dengan mudah anda dapatkan di pasaran. Jadi jangan ragu lagi memilihnya sebagai salah satu pupuk yang diberikan pada tanaman. Dengan adanya pupuk tersebut maka pertumbuhan tanaman pun semakin sempurna. Namun usahakan mempertimbangkan banyak hal dan mengenali ciri khas pupuk tersebut supaya nantinya tidak tertipu dengan pupuk palsu.