NPK Adalah

Mengenal Jenis-Jenis Pupuk NPK Adalah, Jenisnya dan Manfaatnya

Bagi para pecinta tanaman hias pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pupuk NPK. Pupuk tanaman yang satu ini sudah populer di kalangan masyarakat untuk menyuburkan tanaman dan menggemburkan tanah. Pupuk NPK adalah salah satu jenis pupuk yang mengandung unsur hara makro dan mikro yaitu nitrogen, phosphat, dan kalium.

Kandungan pupuk NPK mampu menggemburkan tanah dan membuat semua tanaman kamu lebih subur. kandungan unsur hara yang ada pada pupuk NPK mampu mengoptimalkan pertumbuhan tanaman sehingga bisa memaksimalkan proses bunga dan pembuahan. Selain itu kandungan posfor pada NPK sangat efektif membantu pertumbuhan akar dan tunas.

Jenis-Jenis Pupuk NPK yang Ada di Pasaran

Seiring perkembangan zaman kamu sudah bisa menemukan berbagai jenis pupuk NPK. Pupuk NPK adalah jenis pupuk yang banyak dicari oleh masyarakat untuk mengoptimalkan pertumbuhan semua tanamannya. Setiap jenis pupuk NPK ini memiliki kanudngan yang berbeda-beda. Lebih baik silahkan simak penjelasannya berikut ini :

  • Pupuk NPK Mutiara 16-16-16

Jenis pupuk NPK yang pertama adalah pupuk Mutiara yang berwarna biru dengan bentuk butiran granul. Pupuk NPK ini memiliki kandungan 16% fosfat, 16% nitrogen, 16% kalium, 0,5 % magnesium, dan 6% kalsium.

Biasanya pupuk NPK 16-16-16 sering ditemui di kalangan pengoleksi tanaman hias. Pupuk NPK Mutiara ini banyak diminati karena mampu membantu pertumbuhan semua jenis tanaman lebih cepat.

  • Pupuk NPK Tani 16-16-16

Jenis pupuk NPK kedua yang laris juga di pasaran Indonesia adalah Pupuk Tani 16-16-16. Dimana pupuk NPK ini memiliki kualitas tinggi sehingga sangat efektif membantu meningkatkan pertumbuhan tunas, daun lebih hijau dan lebat. Tentu dengan kualitas tanaman yang bagus, akan membuat hasil panen lebih meningkat.

Pupuk NPK Tani memiliki kandungan unsur hara seperti 6,4 % nitrat nitrogen, 16% nitrogen, dan 9,6% Amonium Nitrogen. Selain itu masih ada lagi kandungan 16% potassium Oxide, 16% phospate, 5% Calcium Oxide dan 1% Magnesium Oxide.

Atas kandungan yang ditawarkan membuat pupuk NPK Tani ini banyak digunakan oleh para petani dan pecinta tanaman.

  • Pupuk NPK Phonska 15-15-15

Apabila kamu ingin membeli pupuk NPK untuk tanaman, kamu bisa menggunakan Pupuk NPL Phonska 15-15-15. Menawarkan harga yang lebih terjangkau karena menjadi salah satu pupuk subsidi dari pemerintah. Namun jenis pupuk ini tidak dijual bebas sehingga khusus untuk para petani yang sudah terdaftar.

Pupuk NPK adalah pupuk yang memang distribusikan untuk memenuhi kebutuhan para petani. Pupuk Phonska ini mengandung unsur hara seperti 15% nitrogen, 15% fosfat, 10% sulfur, dan 15% kalium. Pupuk yang berwarna merah jambu dengan bentuk butiran 4 milimeter ini lebih mudah larut atau higroskopis sehingga lebih mudah diserap oleh akar tanaman.

Selanjutnya masih ada jenis pupuk NPK Phonska Plus berwarna putih namun lebih mudah larut dalam air. Sehingga bisa langsung diserap oleh akar tanaman, hasil panen pun lebih maksimal.

  • Pupuk NPK Pelangi 16-16-16

Pupuk NPK Pelangi ini memiliki banyak variasi sehingga bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan tanaman. Pupuk yang berasal dari Kaltim ini biasanya diprioritaskan untuk tanaman hortikultura. Selain digunakan untuk tanaman hortikultura, kamu juga bisa menggunakannya untuk berbagai jenis tanaman.

  • Pupuk NPK 30-6-8

Pupuk NPK 30-6-8 adalah salah satu jenis pupuk yang sangat baik untuk menyeburkan tanah. Jadi dengan kandungan 30% Nitrogen, 6% fosfat, dan 8% kalium ini mampu membuat tanah lebih gembur dan meningkatkan kapasitas tukar kation tanah.

Pupuk NPK adalah pupuk yang berwarna coklat ini mampu meningkatkan daya serap tanah terhadap air dan daya serap unsur hara oleh tanaman. Penggunaan pupuk NPK ini juga membantu menjaga ketersediaan air dan peningkatan jumlah mikroorganisme tanah. Tentu dengan peningkatan yang terjadi akan membantu meningkatkan hasil panen.

Manfaat Menggunakan Pupuk NPK Untuk Tanah dan Tanaman

Setelah mengetahui berbagai jenis pupuk NPK, kamu juga harus tahu apa saja manfaat yang ditawarkan. Pupuk NPK adalah jenis pupuk yang sangat baik untuk menjaga kesuburan tanah dan tanaman. Tidak heran kalau banyak para petani yang memilih menggunakan NPK untuk tanah ladangnya.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa manfaat menggunakan pupuk NPK untuk tanah dan tanaman. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  • Melancarkan proses metabolisme tanaman

Perlu kamu ketahui bahwa tidak hanya manusia yang melakukan metabolisme, ternyata tumbuhan juga melakukan metabolisme. Nah, pada saat melakukan metabolisme pada tumbuhan membutuhkan pupuk yang tepat. Penggunaan pupuk NPK lebih baik dibandingkan pupuk biasa.

Penggunaan pupuk NPK sangatlah bermanfaat untuk melancarkan proses metabolisme. Nah, dengan melakukan proses metabolisme bisa memberikan energi, proses pertumbuhan tanaman lebih cepat dan merangsang pembentukan bunga. Nah, dengan demikian hasil panen akan melimpah.

  • Efektif mengusir hama

Saat menanam tanaman tidak lepas dari gangguan gulma dan ulat, kalau dibiarkan bisa menyebabkan pertumbuhan tanaman tidak maksimal. Nah, untuk mengatasi gangguan hama, kamu butuh pupuk NPK yang berkualitas.

Pupuk NPK banyak dipilih karena sangat bagus dalam melindungi tanaman dari serangan hama. Apabila tanaman sudah diberi pupuk NPK maka semua hama yang menempel pada tanaman akan langsung mati. Berhasil memberikan perlindungan akan membuat tanaman bebas penyakit dan lebih sehat.

  • Memperkuat tanaman

Selain efektif mengatasi hama yang menyerang, penggunaan pupuk NPK juga sangat bagus untuk memperkuat tanaman. Indonesia memiliki 2 musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau.

Terkadang saat musim hujan, curah hujan jauh lebih meningkat sementara pada saat musim kemarau, sinar matahari lebih terik. Agar tanaman lebih tahan akan kondisi tersebut, kamu bisa menggunakan pupuk NPK.

Penggunaan pupuk NPK mampu memberikan perlindungan dan bisa tahan terhadap segala kondisi cuaca. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa memberikan pupuk NPK seminggu sekali.

  • Membantu pembentukan vitamin dan enzim

Pada proses pertumbuhan tumbuhan membutuhkan vitamin dan enzim agar pertumbuhannya lebih maksimal. Nah, untuk mendapatkan itu semua tanaman membutuhkan cahaya matahari yang cukup. Selain itu untuk membantu proses pertumbuhan tumbuhan kamu bisa menambahkan pupuk yang berkualitas.

Terlebih ketika cuaca sedang mendung, tentu kebutuhan akan sinar matahari akan berkurang. Agar tumbuhan tetap mendapatkan nutrisi tersebut kamu bisa menambahkan pupuk NPK. Kandungan pupuk NPK sangat bagus dalam proses pembentukan vitamin dan enzim pada tumbuhan.

  • Membantu pertumbuhan akar tanaman

Apabila kamu menanam tanaman di tanah yang subur maka proses pertumbuhan akar akan lebih cepat. Agar tanah tetap dalam kondisi subur kamu bisa menambahkan pupuk NPK. Nah, dengan begitu kebutuhan akan nutrisi tumbuhan terpenuhi sehingga pertumbuhan bisa lebih cepat dan sehat.

Itulah penjelasan mengenai berbagai jenis pupuk NPK yang sudah tersedia di pasaran. Pupuk NPK adalah salah satu jenis pupuk yang cukup populer di kalangan masyarakat karena kualitasnya yang sangat baik untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman dan menyuburkan tanah. Jadi kamu bisa menggunakan pupuk NPK untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah.