10 Pupuk Kimia Terbaik

10 Pupuk Kimia Terbaik Sering Digunakan Oleh Petani

Berbicara mengenai pupuk pastinya tak lepas dengan yang namanya tanaman. Dimana tanaman membutuhkan asupan pupuk untuk tumbuh sehat hinggga panen nanti. Pemupukan menjadi hal yang terbilang esensial sekali dalam dunia pertanian. Bahkan pupuk itu sendiri biasanya terbagi dalam pupuk organik bahkan pupuk kimia. Kini sudah tersedia sekitar 10 pupuk kimia terbaik yang sering menjadi pilihan para petani.

Penggunaan pupuk kimia tersebut sebetulnya tidaklah dianjurkan karena mampu mencemarkan lingkungan bahkan bisa menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan. Tetapi sekarang ini penggunaan pupuk kimia terbilang umum sebab harganya murah bahkan penggunaan juga terbilang mudah. Apalagi pupuk tersebut mampu menampakkan hasil yang lebih cepat jika kita bandingkan dengan pupuk organik.

Deretan Pupuk Kimia Terbaik Pilihan Para Petani

Pupuk kimia mempunyai ketiga unsur yang terbilang penting sekali yakni N,P dan juga K yang menjadi nutrisi mikro bagi tanaman. Menurut bentuknya ternyata pupuk sudah dibagi menjadi dua bagian yakni pupuk padat maupun cair. Sedangkan kandungan pupuk terbagi jadi pupuk tunggal dan juga pupuk majemuk.

Pemberian pupuk untuk tanaman terbilang sangat penting sekali. Hal ini tak lain hanya untuk memasok kebutuhan tanaman akan unsur harga yang menjadi kebutuhan. Kini sudah tersedia 10 pupuk kimia terbaik bagi petani.

Mungkin banyak petani merasa penasaran akan deretan nama pupuk tersebut. Dimana semuanya mempunyai keunggulan sekaligus kekurangan tersendiri. Pupuk ini bisa dengan mudah kita temui di pasaran dengan kisaran harga bervariasi sekali.

Pupuk tanaman konon terbagi dalam sejumlah katerogi baik itu terkait asal bahan maupun pembuatannya. Lantas apa sajakah 10 pupuk kimia terbaik saat ini? Dari pada penasaran sebaiknya simak ulasan berikut:

Pupuk Urea

Pupuk urea merupakan salah satu jenis pupuk yang terbilang paling diminati oleh para petani. Tentu saja pupuk tersebut sangat cocok sekali untuk lahan budidaya bahkan pertanian. Pupul urea mempunyai rumus kimia CO(NH2)2 yang mana terbuat dari campuran gas asam arang dan juga gas amoniak (NH3). Ada sekitar 46 kg nitrogen sudah terkandung dalam pupuk urea seberat 100 kg. kandungan yang terbilang tinggi tersebut pastinya mampu percepat pertumbuhan serta perkembangan suatu tanaman. Hal ini dikarenakan nitrogen mampu memberikan kemudahan dalam proses fotosintesis.

Pupuk ZA atau zwavelzure amonium

Pupuk yang satu ini ternyata juga masuk dalam deretan 10 pupuk kimia terbaik. Adapun rumus kimianya adalah (NH4)2SO4. Biasanya pupuk ZA ini seringkali dijadikan sebagai pupuk dasar oleh para petani. Hal ini dikarenakan reaksi kerjanya terbilang sedikit lambat. Adapun manfaat lainnya dari pupuk ZA yaitu menambahkan unsur hara pada sebuah tanaman. Selanjutnya memperbaiki kualitas tanaman. Bahkan bisa juga memberikan tambahan nilai gizi pada hasil panennya.

Pupuk SP-36

Pupuk super phosphate ini dalam rumus kimia penulisannya P2O5. Pupuk yang satu ini konon pembuatannya dari hasil percampuran fosfat alam dengan asam sulfat. Peran utama sebagai penambah unsur hara pada sebuah tanaman pun hadir. Pastinya jenis pupuk ini juga cocok sekali dipergunakan beragam jenis tanaman. Baik itu perkebunan bahkan holtikultura.

Pupuk SP-36 ini seringkali dipergunakan oleh petani supaya mampu membantu tanaman hasilkan buah yang lebih banyak. Adapun keunggulan menarik dari SP36 yakni merangsang pembelahan yang terjadi pada tanaman, perbaiki kualitas bijinya, mampu percepat pemasakan buah, perbesar jaringan sel bahkan mampu perkuat batang tanaman.

Pupuk SP36 ini mmepunyai kandungan fosfor sekitar 36 persen. Karena reaksi kimianya terbilang cukup melambat maka pupuk SP36 ini menjadi pupuk dasar tanaman.

Kalium Klorida atau KCI

Siapa sangka ternyata KCI ini juga masuk dalam 10 pupuk kimia terbaik. Pupuk tersebut dibuat dari ekstraksi mineral kalim dan tersedia pula kandungan kalium sekitar 60 persen dalam bentuk K2O. Bentuknya saja seperti serbuk merah. Jenis pupuk tersebut begitu mudah terlarut dalam air jadi nantinya mudah diserap tanaman. Unsur kloridanya bersifat racun untuk tanaman tertentu. Seperti halnya kentang dan wortel.

Pupuk NPK Phonska

Pupuk NPK ini merupakan penyeimbang unsur hara mikkro dan makro pada tanah. Hal ini tak lain karena unsur zat hara yang paling banyak dibutuhkan oleh tanaman adalah kalium, nitrogen, fosfat, kalsium bahkan magnesium.

Adapun kelebihan dari pupuk NPK yakni mencegah tanaman agar tumbuhnya tidak kerdil. Selain itu juga memberikan kemudahan menyerap zat hara dalam tanah. Pupuk NPK paling cocok diaplikasi pada beragam jenis tanah. Dan pastinya pupuk ini cocok dijadikan pupuk susulan.

Dolomite atau kapur karbonat

Kapur pertanian ini memang kaya akan manfaatnya yakni sebagai penyedia unsur hara makro sekunder Mg dan Ca. Reaksi kimia yang sudah ditimbulkan alkali mampu menaikkan ph tanah. Pupuk tersebut konon hadir dalam bentuk butiran halus dengan warna putih agak keabu-abuan. Sifatnya saja mudah menyerap air bahkan mudah sekali untuk dihancurkan. Jadi semakin halus butiran pupuk maka semakin bagus kualitasnya.

Pupuk ZK

Siapa sangka ternyata pupuk ZK ini masuk dalam deretan 10 pupuk kimia terbaik yang sering dipergunakan oleh petani. Pupuk ini mempunyai rumus kimia K2SO4. Terbuat dari kandungan asam belerang maupun kalium. Pupuk jenis yang satu ini berbentuk butiran kecil dengan warna putih. Pupuk ZK ini juga paling cocok untuk tanaman kentang maupun wortel.

Pupuk NPK Basf 15-15-15

Pupuk yang satu ini merupakan pupuk majemuk dengan 5 unsur makro maupun mikro yang terbilang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Pupuknya mempunyai warna biru memudar berbentuk granul dan biasanya seringkali dikemas dalam plastic.

Pupuk NPK Mutiara 16-16-16

Pupuk ini mempunyai warna biru langit dengan bentuk granul. Wajar saja jika pupuknya begitu mudah terlarut dalam air. Pupuk mutiara sangat cocok dipergunakan pada semua jenis tanaman. Baik itu sayuran, pangan bahkan perkebunan sekalipun. Jadi anda tidak perlu merasa ragu lagi mempergunakan pupuk tersebut.

Pupuk Phospat

Jenis pupuk kali ini paling banyak dipergunakan oleh masyarakat. Adapun pupuk phospat ini terdiri dari pupuk SP 36, pupuk TSP bahkan SP 18. Unsur P yang berada pada semua sel tanaman mampu menyusun jaringan seperti halnya asam nukleat, fosfolipida bahkan fitin.

Unsur fosfor yang berada didalamnya mampu membantu pertumbuhan sel, pembentukan akar halus maupun rambut akar, perbaiki kualitas tanaman, pembentukan buah, bunga dan biji sekaligus perkuat daya tahan sebuah tanaman.

Itulah tadi 10 pupuk kimia terbaik yang sering dipergunakan oleh petani. Sebetulnya sebagian dari mereka juga banyak yang memilih menggunakan pupuk organik. Tapi sekarang kebanyakan orang lebih suka menggunakan pupuk kimia karena mampu melihat hasil yang lebih cepat.

Dari segi harga pupuk pun juga bervariasi sekali menurut jenisnya. Buat anda yang berkeinginan membeli pupuk sebaiknya membelinya langsung dari pertanian agar mampu memperoleh harga lebih murah.

Apapun itu jenis pupuk yang menjadi pilihan semoga bisa membuat pertumbuhan tanaman semakin bagus. Dimana tanaman tersebut  mampu hasilkan panen yang melimpah. Mengapa harus merasa ragu memilih salah satu produknya jika kita bisa temukan beragam manfaatnya.