10 pupuk organik terbaik

Berikut Rekomendasi 10 Pupuk Organik Terbaik

10 pupuk organik terbaik berikut akan mengubah pandangan banyak orang terhadap pupuk organik selama ini. Pupuk organik seringkali dianggap remeh oleh para petani. Di kalangan para petani, pupuk anorganik lebih dipilih dibandingkan pupuk organik. Alasannya beragam. Dari ke-efektivan hingga soal praktis, pupuk anorgnik lebih dianggap juara.

Seperti yang diketahui, pupuk menjadi faktor penting dalam penentu keberhasilan tanam. Pupuk kerap kali menjadi bahasan penting dalam lingkup pertanian. Keberhasilan panen menjadi tujuan utama. Terutama bagi mereka yang menjadikan pertanian sebagai mata pencaharian.

Tanah yang berulang kali digarap semakin lama semakin menghilangkan kandungan unsur hara. Maka pupuk menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Pupuk berfungsi sebagai pengganti zat hara untuk tumbuhan. Dengan pupuk, tanah akan lebih subur dan membantu pertumbuhan tanaman.

Pupuk dibedakan beberapa jenisnya berdasarkan pada pengelompokkannya. Jenis pupuk berdasarkan bentuk fisiknya, berdasarkan cara pengaplikasikannya, berdasarkan kandungannya dan beberapa kategori lainnya. Fokus bahasan pada artikel berikut yaitu berdasarkan sumber bahannya.

Jenis pupuk berdasarkan sumber bahannya ada dua macam. Adalah pupuk organik dan pupuk non-organik. Pupuk organik merupakan pupuk yang berasal dari bahan-bahan alami seperti kotoran hewan atau tumbuhan. Sebaliknya, pupuk anorganik merupakan pupuk buatan dengan memanfaatkan bahan mineral kimia dengan takaran tertentu.

Ada banyak perdebatan terkait penggunaan pupuk organik atau pupuk anorganik di kalangan para petani. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pupuk organik lebh ramah lingkungan karena sifat bahannya yang berasal dari alam. Berbeda dengan pupuk anorganik yang sudah ditambahkan bahan kimia sehingga pemakaiannya seringkai merusak lingkungan.

10 Pupuk Organik Terbaik Untuk Tanaman

Untuk itu, ada baiknya jika Anda mulai melihat lebih jauh penggunaan pupuk organik. Meski kerap dianggap tidak efektif, ada beberapa produk pupuk organik unggulan yang bisa jadi pilihan. Saatnya beralih dengan pupuk ramah lingkungan. Berikut 10 pupuk organik terbaik untuk tanaman.

Pupuk kandang kotoran kambing

Salah satu alasan beberapa orang tidak menggunakan pupuk organik yaitu karena jijik. Terlebih untuk pupuk terbaik satu ini. Pupuk kotoran kambing. Pupuk kotoran kambing menjadi pupuk dengan unsur hara terbaik bagi tanaman.

Pupuk kotoran kambing mengandung unsur hara kalium (K) paling tinggi. Pupuk ini sering digunakan petani untuk tanaman berbuah. Lebih tepatnya saat pemupukan kedua. Pupuk kotoran kambing cocok untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah pada tanaman.

Meskipun merupakan pupuk alami, pemakaiannya tidak bisa sembarangan. Pupuk kotoran kambing memiliki tekstur yang sukar dipecah secara fisik. Pemakaian langsung pada tanaman tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

Cara yang terbaik yaitu dengan mendiamkan pupuk tersebut dalam beberapa waktu sampai matang. Pastikan pupuk sudah tidak berbau, bertekstur kering, dan bersuhu dingin. Baru kemudian aplikasikan pada tanaman Anda.

Untuk lebih praktisnya, Anda bisa langsung membelinya. Beberapa merk pupuk saat ini menyediakan pupuk organik kotoran kambing yang sudah siap pakai. Salah satu merk pupuk kotoran kambing yang jadi rekomendasi yaitu Setia Tani. Pupuk siap pakai tersebut juga bisa jadi solusi untuk beberapa orang yang jijik menggunakan pupuk kandang.

Pupuk kompos trubus organik

Bagi para petani, pupuk trubus bukan hal asing dalam dunia pertanaman. Untuk pupuk organiknya sendiri, produk merk trubus memiliki reputasi yang baik. Bagian produk pupuk organik dari Trubus adalah Trubus best compost.

Sesuai dengan namanya, Trubus best compost ini merupakan pupuk organik jenis kompos. Pupuk kompos bisa berasal dari sisan bahan organik tumbuhan, hewan, atau limbah. Materi tersebut diuraikan melalui proses biologis sehingga menghasilnya kandungan yang meyuburkan tanah.

Pupuk kompos Trubus best compost ini berasal dari bahan sisa tanaman. Pemakaiannya lebih disarankan sejak awal proses penanaman. Hal ini karena sifatnya yang menyehatkan dan membuat tanah subur. Dengan kelebihan tersebut akan memudahkan tanaman baru untuk tumbuh.

Pupuk organik Eco Farming

Pupuk organik Eco farming termasuk salah satu dari 10 pupuk organik terbaik. Pupuk ini diklaim telah berpengalaman dalam pemakaian pupuk para petani. Utamanya untuk pertanaman skala besar.

Pupuk Eco farming ini memang diperuntukkan untuk tanaman skala besar. Dalam pupuk Eco farming ini mengandung unsur hara yang lengkap dengan deilengkapi bakteri positif. Hasilnya tidak sekedar tanaman tumbuh dengan optimal. Pupuk Eco farming ini mengklaim dapat mengembalikan kesuburan tanah dan tentunya ramah lingkungan.

Pupuk C-organik

Secara alaminya, tanah memiliki kemampuan untuk menjadikannya subur semakin harinya. Namun jika setiap waktu unsur hara dalam tanah terus-menerus diserap tentu akan menurunkan kualitasnya. Salah satu kandungan penentu kualitas tanah yaitu kandungan C-organik.

Kandungan C-organik dalam tanah menjadi salah satu faktor penentu suatu kualitas tanah. Semakin tinggi kadarnya, semakin baik juga kualitasnya. Bahan organik ini berperan aktif untuk meningkatkan kesediaan hara serta mengaktifkan proses biologis tanah.

Jika Anda mencari pupuk terbaik, pupuk dengan kandungan C-organik tinggi bisa jadi pilihan. Dalam hal ini, Anda bisa memilih Petrorganik. Pupuk jenis ini dapat diaplikasikan hampir di semua jenis tanaman.

Pupuk organik cair EM4

Jenis pupuk organik satu ini merupakan pupuk cair. Adalah pupuk cair EM4. Sebenarnya pupuk ini lebih dikenal sebagai bahan untuk pembuatan kompos. Namun bisa dikatakan sebagai pupuk organik karena sifatnya yang menyuburkan tanah dan ramah lingkungan.

EM4 ini berisi bakteri fermentasi pemecah bahan-bahan organik dalam tanah. Cara kerjanya, bakteri tersebut akan memecah unsur yang ada di tanah. Proses tersebut menjadikan tanah lebih subuh sekaligus menyediakan makanan untuk tumbuhan.

Pupuk organik cair Multitonik

Jika Anda sedang mencari pupuk untuk tanaman hias, ini dia pupuk yang tepat. Pupuk organik cair Multitonik. Masalah pada tanaman hias pada umumnya tampak pada bunga yang terlihat layu.

Pupuk Multitonik menjawab keluhan tersebut. Pupuk Multitonik memang diperuntukkan tanaman hias seperti mawar, krisan, atau anggrek. Di mana produk ini menjadikan bunga tidak gampang layu dan rontok. Selain itu, kandungannya juga membantu pertumbuhan tanaman.

Pupuk organik cair GDM

Pilihan kedua pupuk untuk tanaman hias selain Multitonik yaitu pupuk organik cair GDM. Namun berbeda khasiatnya. Jika Multitonik lebih menjaga agar bunga tidak layu, khasiat pupuk GDM lebih komplek.

Beberapa kandungan seperti Bacillus Brevis dan Pseudomas Alcaligenes memiliki banyak manfaat. Di antaranya memperkuat akar dan daya tahan tanaman, membnatu memaksimalkan penyerapan unsur hara, serta membantu mengeluarkan warna asli bunga.

Pupuk organik cair Orient

Masih dengan pupuk khusus tanaman hias, pupuk satu ini lebih khusus untuk penggunaan bunga anggrek. Pencinta bunga anggrek tentu tahu kesulitan merawat bunga anggrek. Pupuk berikut dibuat khusus untuk bunga anggrek kesayangan Anda.

Pupuk organik Orient menawarkan banyak khasiat untuk bunga anggrek. Di antaranya merangsang keluarnya tunas dan bunga, memperbaiki kualitas tumbuhan, dan mempercepat pertumbuhan akar. Untuk pemakaiannya, cukup disemprotkan pada tumbuhan anggrek setiap hari.

Pupuk organik kascing

Pupuk organik bekas cacing atau lebih dikenal dengan sebutan pupuk kascing. Pupuk kascing merupakan jenis pupuk organik yang dikomposkan dengan bantuan cacing. Pupuk ini kaya kan unsur hara alami sehingga bagus untuk kesuburan tanah.

Untuk produk pupuk kascing yang bisa Anda beli yaitu Vermicompost dari Geek Farmer. Vermicompost menggunakan bantuan cacing lumbricus Rubellus. Selain menawarkan pupuk kascing berkualitas, Vermicompost juga mengklaim pupuk ini bebas dari bakteri E. Coli. Sangat cocok bagi Anda yang suka berkebun bersama anak-anak.

Pupuk organik POCNASA

Rekomendasi 10 pupuk organik terbaik yang terakhir yaitu pupuk organik POCNASA.Pupuk ini dikatakan 3in1 karena bisa digunakan untuk tanaman, ternak, ataupun perikanan. Penggunaannya untuk tanaman biasanya digunakan untuk campuran pupuk. Pupuk ini berguna untuk mengurangi kebutuhan makro dari tanaman. 

Itulah 10 pupuk organik terbaik yang bisa Anda jadikan referensi untuk tanaman Anda. Pastikan selalu untuk memperhatikan dosis yang dipakai agar tetap ramah lingkungan. Semoga berhasil.