pupuk borax

Betapa Pentingnya Pemberian Pupuk Borax Pada Tanaman

Ketika kita membahas mengenai jenis pupuk tentu saja ada banyak sekali pilihannya. Dan kali ini pembahasan kita mengenai pupuk borax. Mungkin diantara anda banyak yang belum mengerti akan pupuk yang satu ini. Borax biasanya dipergunakan dalam perkebunan organik sebagai pengontrol adanya rumput liar. Borax dan juga air menjadi cara terbaik agar mampu membunuh tanaman yang memang diinginkan.

Pengertian Lengkap Tentang Pupuk Borax

Borax merupakan kristal lunak dengan kandungan unsur boron. Dimana boron ini adalah unsur yang terbilang begitu penting sekali agar mampu merangsang tanaman cepat berbunga. Selain itu nantinya juga bisa memberikan bantuan saat proses penyerbukan. Bahkan bisa juga meningkatkan kualitas produksi sayuran maupun buah. Boron konon memiliki hubungan erat dengan metabolism Kalium maupun Kalsium.

Boron menjadi salah satu unsur mikro esensial dan kahat boron bisa menyebabkan suatu hambatan pada perkembangan tanaman. Apabila kekurangan asupan boron maka pertumbuhan pucuk tanaman bakalan berhenti hingga nantinya mati. Daun mudanya pun berubah warna jadi hijau pucat dengan jaringan pangkal daun yang rusak. Borax memang berkonsentrasi tinggi bahkan bekerja jadi herbisida nonselektif.

Boron adalah unsur yang terbilang paling penting untuk tanaman. Selain mampu meningkatkan kualitas produksi buah dan sayur, bisa juga merangsang tanaman untuk berbunga. Bahkan bisa juga memberikan bantuan saat proses penyerbukan. Masalah dari borax adalah borax mampu membunuh tanaman yang lainnya. Anda pun harus berhati-hati dalam menggunakan pupuk tersebut. Usahakan mempergunakan pupuk ini sesuai takaran yang ada.

Tanaman jika kekurangan boron maka pertumbuhannya bisa saja terganggu. Adapun ciri tanaman yang terbilang kurang asupan boron yakni:

  • Pucuk tanaman gagal tumbuh bahkan ujung akarnya bakalan memanjang dengan normal.
  • Batangnya menjadi kaku.
  • Daunnya menjadi warna coklat, keunguan dan kuning. Selain itu buahnya pun semakin rapuh.
  • Buah, ubi bahkan akar tanamannya bisa berusah jadi busuk dan keropos.
  • Buah menjadi berkulit kasar bahkan ada pula yang gagal berbuah.

Ternyata cukup banyak sekali masalah yang terjadi jika suatu tanaman kekurangan asupan boron. Bagaimana pun juga pemberian pupuk borax pada tanaman memang dibutuhkan. Setidaknya setelah pemberian pupuk, tanaman pun mampu berkembang dengan cepat hingga akhirnya cepat berbuah. Adapun kandungan yang berada dalam pupuk tersebut yakni Na)2 B)4 O)7 . 10H)2 O technical min 99.9%.

Mengenal Kegunaan Pupuk Ini

Setelah mengetahui pengertiannya, kini sudah saatnya membahas tentang kegunaan dari pupuk borax. Dimana kegunaannya untuk tanaman sangat beragam sekali. Jika penasaran sebaiknya simak penjelasan berikut:

  • Menyediakan asupan unsur boron yang nantinya diserap oleh tanaman dengan adanya kandungan bahan aktif B203 senilai 47%.
  • Mampu menjaga tanah, air permukaan bahkan air tanah dari adanya kontaminasi zat yang berbahaya. Dimana pupuk yang satu ini sudah melalui sebuah proses pemurnian dari bahan pengotor.
  • Mampu optimalkan populasi sekaligus maksimalkan aktifitas mikro organisme yang berada dalam tanah.
  • Mampu tingkatkan kualitas pertumbuhan sebuah tanaman sekaligus hasil tanamannya.

Borax memang mampu membantu membunuh tanaman lainnya bahkan bisa juga membersihkan tanaman yang sekiranya tidak diinginkan. Anda pun harus berhati-hati ketika mementukan jumlah pupuk borax yang nantinya dipergunakan untuk tanaman. Biasanya untuk segelas borax akan diencerkan dengan segalon air.

Ada salah satu tanaman yang ternyata menguntungkan dari adanya pemakaian borax ini yaitu bunga matahari. Jika anda menyiram bunga matahari ini dengan adanya campuran air dan borax maka tanaman pun nantinya bakalan semakin kuat.

Setidaknya tanaman perlu disiram dengan satu sendok teh borax  yang dicampurkan dengan air. Borax bisa dikatakan organik apabila dibuat sekaligus ditambang dari endapan. Bagaimana pun juga ternyata borax tersebut mampu dihasilkan secara kimiawi.

Penggunaan Pupuk Ini

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari pembahasan mengenai pupuk. Apalagi untuk pembahasan pupuk borax ini. Borax merupakan bentuk alami paling umum dari boron dengan beragam kegunaannya. Borax dipergunakan dalam senyawa pembersih, kaca bahkan keramik. Borax pun juga dipergunakan dalam enamel seperti baja kulkas, mesin cuci dan masih banyak benda lainnya.

Simak lebih lanjut kegunaan menarik dari pupuk borax

  • Borazon atau boron nitride ini merupakan bahan keras dan sering dipergunakan jadi abrasif.
  • Asam yang berkenaan dengan borax seringkali dijadikan antiseptik ringan.
  • Senyawa boron yang lain dipergunakan untuk obat-obatan.

Boron mempunyai kandungan unsur hara mikro esensial yang ternyata sangat dibutuhkan tanaman. Dimana pertumbuhan sekaligus perkembangan tanaman membutuhkan pupuk borax ini. Apalagi untuk meningkatkan hasil panen maka pemberian pupuk tersebut sangat dianjurkan. Setiap jenis pupuk memang mempunyai kelebihan serta kekurangan tersendiri. Inilah mengapa anda harus pandai menjatuhkan pilihan sekiranya manakah jenis pupuk yang terbaik untuk tanaman. Terlebih dalam pemakaian dosisnya harus tepat agar mampu menjadikan tanaman berkembang dengan baik.

Dosis Anjuran Pemupukan Borax Pada Tanaman

Ketika kita berencana untuk memberikan pupuk pada tanaman. Maka penggunaan dosisnya pun harus tepat agar nantinya pertumbuhan tanaman menghasilkan buah yang lebat. Tak jarang dari kita belum paham mengenai pemberian dosis pupuk pada beberapa tanaman. Jika merasa penasaran sebaiknya simak penjelasan berikut:

  • Jagung sekitar 4 hingga 6 kg/Ha.
  • Padi sekitar 5 hingga 8 kg/Ha.
  • Cabai dan tomat 8 hingga 10 kg/Ha.
  • Tembakau 4 hingga 5 kg/Ha.
  • Kapas 8 hingga 10  kg/Ha.
  • Kakao 10 hingga 15 kg/Ha.
  • Kelapa sawit 10 hingga 15 kg /Ha.
  • Tanaman perkebunan 10 hingga 15 kg/Ha.
  • Tanaman sayuran 1 hingga 5 Kg/Ha./
  • Palawija maupun kacang-kacangan 5 hingga 8 kg/Ha.
  • Tanaman bunga 5 hingga 8 kg/Ha.
  • Tanaman buah 8 hingga 10 kg/Ha.

Dengan memperhatikan takaran pemberian pupuk borax pada tanaman ini. Maka nantinya tanaman pun bisa tumbuh dengan subur sesuai keinginan. Jangan sampai anda salah dosis ketika melakukan pemupukan pada tanaman. Karena hal tersebut nantinya bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman itu sendiri.

Jadi usahakan memberikan pupuk sesuai dengan takaran dosis yang dianjurkan. Apapun jenis pupuknya pasti mempunyai kelebihan sekaligus kekurangan tersendiri. Inilah mengapa kita harus pandai menentukan sebuah pilihan manakah jenis pupuk terbaik untuk tanaman yang kita miliki.

Jika kita membahas mengenai harga pupuk borax ternyata terjangkau sekali untuk semua  kalangan masyarakat. Dimana pupuk yang satu ini per kg dibanderol dengan harga Rp 40.000 rupiah. Sedangkan untuk kemasan 25kg dan juga 50kg pasti juga berbeda harganya. Namanya harga setiap saat pasti bakalan mengalami perubahan. Inilah mengapa kita harus update harga terbarunya.

Semoga dengan hadirnya beragam penjelasan yang sudah tersedia mengenai pupuk borax mampu memperluas pengetahuan anda. Terlebih bagi anda yang kini sedang bingung mencari jenis pupuk yang mampu mendukung pertumbuhan tanaman. Dengan pemberian dosis yang tepat maka tanaman apapun itu nantinya bisa tumbuh dengan baik sesuai harapan.

Pemberian pupuk borax untuk setiap jenis tanaman memang berbeda-beda dosisnya. Inilah mengapa anda harus memahaminya serta memperhitungkan akankah pemberian pupuk dosisnya tepat ataukah belum.