pupuk SP 36

Pupuk SP 36 : Pengertian, Kegunaan, Cara Menggunakan

Berbicara mengenai jenis pupuk pastinya ada banyak sekali pilihannya. Dimana setiap jenis pupuk mempunyai kelebihan sekaligus kekurangan tersendiri. Salah satu jenis pupuk yakni pupuk SP 36. Dimana pupuk tersebut adalah pupuk tunggal yang mengandung Phosphot cukup tinggi dalam bentuknya P2O5 sekitar 36%. Pastinya jenis pupuk ini paling cocok untuk pemupukan beragam jenis tanaman. Baik itu holtikultura, tanaman pangan bahkan juga perkebunan sekalipun.

Tentunya pupuk ini mampu penuhi kebutuhan unsure hara phosphor yang sangat dibutuhkan tanaman. Dimana pupuk SP 36 hadir dalam bentuk butiran dengan warna abu-abu kehitaman. Adanya kandung phosphor ini ternyata hampir semuanya terlarut dalam air. Jadi nantinya mudah terserap oleh tanaman. Pupuk tersebut cocok sekali jika dijadikan pupuk dasar tanaman pangan maupun holtikultura.

Pupuk SP 36 adalah jenis pupuk yang kini menjadi pilihan para petani. Pupuk yang satu ini mempunyai kandungan banyak unsur yang ternyata sangat dibutuhkan tanaman. Adapun beberapa unsur yang tersedia yakni:

  • Fosfat.
  • Sulfur.
  • P2O5 yang terlarut dalam asam nitrat.
  • Kadar asam bebas.
  • Air atau H2O.

Pupuk ini memang mempunyai wujud butiran yang agak kecil dengan warna abu muda. Biasanya pupuk tersebut sengaja dijual dalam karung seukuran 50 kg. Pupuk SP 36 begitu mudah kita temukan di toko yang biasanya menjual beragam alat bahkan bahan pertanian. Pupuk yang satuini memang unggulan sekali karena banyaknya manfaat yang bisa diperoleh.

Tips Penting Mempergunakan Pupuk SP 36 Untuk Tanaman

Pupuk SP 36 mempunyai banyak sekali manfaat untuk beragam jenis tanaman. Supaya pemberian pupuk semakin optimal sebaiknya memperhatikan beragam tips menggunakan pupuknya. Dari pada merasa penasaran simak saja uraian berikut ini:

  • Buat tanaman dengan sifat musiman sebaiknya mempergunakan pupuk ini sebagai pupuk dasar sebelum dilakukan penanaman. Sedangkan tanaman dengan sifat tahunan maka jenis pupuk tersebut cocok dipergunakan saat awal maupun akhir musim penghujan.
  • Usahakan memperhatikan dosis maupun takaran paling tepat saat memberikan pupuk pada tanaman. Setiap tanaman memang mempunyai takaran sekaligus dosis tersendiri berdasarkan karakteristik tanaman.
  • Pupuk SP 36 memang mudah terlarut dalam air jadi pupuk tersebut sangat cocok untuk tanaman musiman.
  • Pupuk ini ditaburkan merata pada bedengan sebagai pupuk dasar suatu tanaman.
  • Supaya lebih mudah terserap tanaman sebaiknya mengaplikasikan pupuk tersebut hanya dengan cara menaburkannya sekitar tanaman.

Spefisikasi Menarik Dari Pupuk Ini

Tentunya kita sebagai pengguna harus mengerti seperti apa spesifikasi yang sudah dimiliki oleh pupuk yang satu ini. Dimana pupuk tersebut kini menjadi pilihan para petani. Pupuk yang mudah terserap air menjadikan pupuk tersebut cepat masuk pada tanaman. Adapun beberapa spesifikasi yang ada pada pupuk SP 36 yakni:

  1. Kadar P2O5 laryt asam sitrat minimalnya 34%.
  2. Kadar P2O5 total minimalnya 36%.
  3. Kadar P2O5 yang terlarut dalam air minimalnya 30%.
  4. Kadar asam bebas sebagai H3PO4 maksimalnya sekitar 6%.
  5. Bentuknya butiran.
  6. Warnanya abu-abu.

Sifat dari SP 36

  • Tidak mudah terhisap air atau tidak higroskopis.
  • Mudah sekali terlarut dalam air.

Mengenal kegunaan pupuk Ini untuk pertumbuhan tanaman

Menjadi salah satu jenis pupuk dengan adanya kandungan unsur hara yang mumpuni. Maka pupuk SP 36 ini ternyata mempunyai banyak sekali kegunaan untuk tanaman. Jika merasa penasaran sebaiknya simak penjelasan berikut:

  • Pupuk SP 36 ini mempunyai kandungan unsur hara yakni fosfor yang mempunyai banyak manfaat untuk beragam jenis tanaman. Terlebih untuk tanaman nangka.
  • Mampu membantu tanaman berkembang dalam waktu lebih cepat jadi nantinya lebih cepat berbuah lebat.
  • Mampu tingkatkan sekaligus perbaiki kualitas biji pada tanaman.
  • Mampu memberikan rangsangan pembelahan sel tanaman bahkan juga mampu perbesar jaringan sel sehingga nantinya buah yang dihasilnya bakalan muncul dalam waktu lebih cepat dan berukuran besar,
  • Bisa mempercepat perkembangan tanaman sehingga buah yang berada di pohon bakalan cepat masak.
  • Membantu perkembangan batang maupun akar tanaman supaya menjadi semakin kuat.
  • Mampu tingkatkan daya tahan tanaman sehingga lebih tahan lagi terhadap seragan penyakit maupun hama tanaman.

Cara Tepat Mempergunakan Pupuk SP 36

Setelah anda mengetahui beragam kegunaannya, maka kini sudah saatnya membahas mengenai cara menggunakan pupuk SP 36 ini. Dimana caranya sangat mudah sekali dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Dari pada merasa penasaran sebaiknya simak ulasannya:

  • Menaburkan pupuk secara merata pada bedengan sebagai pupuk dasarnya.
  • Menaburkan dibagian sekeliling tanaman sebagai pupuk susulan selanjutnya menimbunnya menggunakan tanah supaya mudah terserap oleh tanaman.
  • Mengaplikasikan pada tanaman perkebunan dan biasanya diberikan saat awal musim penghujan bahkan setelah panen.

Ternyata mudah sekali langkah cara mengaplikasikan SP 36 ini pada tanaman. Dengan memperhatikan beberapa uraian tersebut pastinya semua orang bisa mempergunakan pupuk tersebut dengan mudah.

Sekarang ini memang sudah hadir beragam jenis bahkan merk pupuk yang terbaik. Dimana pupuk tersebut mampu menyuburkan tanaman. Pupuk produk buatan dari PT Petrokimia Gresik mempunyai kandungan fosfor yang terbilang cukup tinggi. Wajar saja jika banyak masyarakat mempergunakan pupuk tersebut. Baik untuk tanaman holtikultura, pangan bahkan juga tanaman perkebunan sekalipun. Dalam satu karung pupuk saat ini hadir dengan harga sekitar ratusan ribu rupiah.

Sebetulnya SP 36 ini hampir mirip dengan yang namanya TSP. Hanya saja untuk kandungan phospornya terbilang lebih rendah 36% dalam bentuk P2O5. Kandungan phosphor yang berada pada pupuk tersebut hampir seluruhnya terlarut dalam air jadi nantinya begitu mudah terserap oleh tanaman.

Kemasan pupuknya mempunyai cap ataupun gambar kerbau dengan warna emas. Perusahaan sendiri sudah menghadirkan pupuk tersebut dalam wadah karung seberat 50kg. Hanya saja tak sedikit toko yang menjual pupuknya  secara eceran minimalnya seberat 1 kg. Biasanya untuk masalah harga pupuk bersubsidi ini terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan pupuk non subsidi.

Kisaran Harga Menarik Pupuk Ini

Setelah membahas mengenai beragam hal, kini saatnya kita membahas mengenai harga pupuknya. Dimana harga SP 36 ini bervariasi sekali tergantung pada beratnya. Mungkin banyak yang belum mengerti akan kisaran harganya. Kini sudah saatnya anda menyimak penjelasan berikut ini:

  • SP 36 subsidi berat 1 kg Rp 2.000
  • SP 36 subsidi berat 50 kg Rp 100.000
  • SP 36 non subsidi berat 100 gr Rp 1.800
  • SP 36 non subsidi berat 1kg Rp 7.000 hingga Rp 14.000
  • SP 36 non subsidi berat 250 gr Rp 4.000
  • SP 36 non subsidi berat 50 kg Rp 230.000 hingga Rp 306.000

Harga yang sudah tertera tersebut biasanya akan berubah seiring dengan berjalannya waktu. Jadi sebaiknya anda menyimak rincian harga terbarunya agar tidak ketinggalan mengenai informasi harganya. Semoga dengan adanya penjelasan yang sudah tersedia mampu memperluas pengetahuan anda mengenai pupuk SP 36 yang kini menjadi pilihan para petani.