Rumus Kimia Pupuk NPK

Kandungan Dan Rumus Kimia Pupuk NPK yang Perlu Kamu Ketahui

Di dalam kalangan masyarakat, khususnya para petani mengenal dua jenis pupuk yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik(kimia). Sedangkan untuk pupuk organic itu terbagi menjadi dua yaitu pupuk tunggal dan pupuk majemuk. Untuk pupuk tunggal sebagai contoh adalah Urea, Za, AN dan lain-lain. Sedangkan untuk pupuk majemuk contohnya NPK Kujang, NPK Mutiara, NPK Pelangi dan lain-lain. Perlu rumus kimia pupuk NPK dengan komposisi terbaik untuk menghasilkan padi yang berkualitas.

Beberapa Rumus Kimia Pupuk NPK yang Harus Kamu Ketahui

Sebelum kita membahas tentang rumus kimia pupuk NPK. Kita akan membahas terlebih dahulu tentang pupuk tunggal. Pupuk tunggal adalah pupuk yang hanya mengandung satu jenis unsur hara sebagai kesuburan tambahan. Beberapa contoh pupuk tunggal adalah pupuk K, pupuk P dan pupuk N.

  1. Pupuk K(Kalium)

Zat dalam pupuk yang mempengaruhi susunan serta menyalurkan karbohidrat dalam tanaman adalah kalium. Selain itu fungsi lainnya adalah dapat mempercepat metabolisme hidrogen serta memperkuat agar Bunga serta buah tidak mudah gugur. Contoh pupuk kalium diantaranya adalah KCI(potasium klorida). Untuk pupuk jenis ini di pasaran ada dua jenis yaitu KCI 80 yang mengandung 50% K2O dan KCL 90 yang mengandung 53% K2O.

Pupuk ZK atau nama lainnya adalah kalium sulfat. Pupuk jenis ini dapat bermanfaat untuk tanaman yang tidak kuat terhadap konsentrasi ion klorida yang tinggi. Ada 2 pupuk zk yang ada di pasaran saat ini yaitu ZK 90 yang mengandung %0% K20 dan ZK 96 yang mengandung 53% K20.

  • Pupuk Fosfor

Pupuk ini memiliki peran penting dalam proses fotosintesis serta respirasi guna menyusun asam nukleat pembentukan bibit tanaman serta menghasilkan buah. Alasan lainnya Kenapa tumbuhan butuh pupuk ini adalah karena dapat merangsang berkembangnya akar. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari tumbuhan dari kekeringan,mengurangi kemungkinan keterlambatan untuk panen. Kebutuhan fosfor di dalam tumbuhan lebih sedikit daripada nitrogen.penyerapan fosfor diserap dalam bentuk FePO4, AlPO4 dan kalsium fosfat.

  • Pupuk Nitrogen

Memacu percepatan pertumbuhan tanaman, merangsang pertunasan serta menambah tinggi tanaman adalah tugas dari pupuk Nitrogen. Serta memperbaiki kandungan protein di dalam tumbuhan. Hidrogen memberikan makanan bagi mikroba, gimana nanti akan diserap dalam bentuk ion nitrat atau ammonium. Setelah itu tumbuhan akan kreasi bersama karbon membentuk asam amino dan berubah menjadi protein. Dan perlu kamu ketahui bahwa nitrogen termasuk bahan yang paling dibutuhkan oleh tumbuhan dengan prosentase 16-18%. Jika kita berbicara masalah dengan unsur nitrogen tertinggi maka kita akan menolong jawabannya yaitu pupuk urea.

Pupuk majemuk adalah pupuk yang dalamnya terkandung lebih dari pada unsur hara yang dipergunakan dalam menambah kesuburan tanah. Contohnya adalah pupuk NP, NPK Dan NK. Sedangkan dari ketiga jenis ini yang paling sering digunakan adalah NPK. Hal tersebut dikarenakan pupuk ini memiliki  rumus kimia pupuk NPK yang mengandung aluminium nitrat, ammonium dihydrogen, fosfat serta kalium klorida.

Dalam pemakaian pupuk ini kamu perlu lebih cermat lagi sebelum menggunakannya. Hal tersebut dikarenakan setiap tumbuhan membutuhkan kan perbandingan antara N, P dan K yang beda dari yang lain

Beberapa Jenis dari Pupuk NPK

  1. Pupuk NPK Mutiara 16-16-16

Salah satu ciri dari pupuk NPK adalah memiliki bentuk butiran granular yang berwarna biru pudar dan biasanya dikemas di dalam plastic. Terdapat 5 unsur pada pupuk NPK Mutiara yakni nitrogen 16%, 16% fosfat, 16% kalium,  serta 0,5 magnesium dan terakhir 6% kalsium. Jenis ini lebih sering digunakan untuk mereka yang gemar menanam tanaman hias. Karena kandungan di dalam pupuk Ini mengandung banyak sekali manfaat untuk tentang tanaman kita.

  • Pupuk NPK Pak Tani 16-16-16

Pupuk NPK Pak Tani 16-16-16 merupakan salah satu produk dari Rusia yang memiliki kualitas tinggi yang diperuntukkan untuk merangsang pertumbuhan tunas, daun lebih hijau dan akan meningkatkan hasil panen. Kandungan unsur hara pada pupuk ini diantaranya adalah 16% nitrogen dari nitrat nitrogen 6,4%, ammonium nitrogen 9,6 persen, phospat 16%, 16% potassium oxide, 5% kalsiumoxide, 1% magnesium oxide.

  • Pupuk NPK Pelangi 16-16-16

Pupuk ini biasanya digunakan untuk tanaman hortikultura. Meskipun begitu pada kenyataannya pupuk ini juga dapat digunakan untuk tanaman jenis lainnya. Produsen pupuk di Indonesia yang memproduksi pupuk ini adalah Pupuk Kaltim. Angka 16-16-16 pada pupuk NPK Pelangi memiliki arti keseimbangan unsur hara yang terkandung di dalamnya. Kandungan unsur hara tersebut yaitu nitrogen 16%, fosfor 16%, serta kalium 16%.

  • Pupuk NPK Phonska 15-15-15

Salah satu pupuk yang mendapatkan subsidi dari pemerintah adalah pupuk NPK Phonska 15-15-15. Dengan adanya subsidi tersebut menghasilkan harga yang lebih terjangkau di kalangan masyarakat. Oleh karena itu pupuk ini tidak dapat dibeli secara bebas dan hanya didistribusikan kan bagi mereka yang tergabung dalam kelompok tani. Kandungan unsur hara pada pupuk ini diantaranya adalah 15% nitrogen, 15% fosfat, 15% kalium serta 10% sulfur.

 Jenis pupuk ini termasuk pupuk yang memiliki sifat higroskopis. Di mana pupuk dengan sifat ini sangat mudah larut yang mempermudah akar tanaman untuk menyerapnya.

  • Pupuk NPK Phonska Plus 15-15-15

Meskipun NPK Phonska dan NPK Phonska Plus diproduksi di perusahaan yang sama.  Tetapi ada beberapa perbedaan dari kedua produk pupuk ini diantaranya pupuk NPK Phonska plus merupakan pupuk yang tidak bersubsidi. Jika dilihat dari unsur hara juga ada perbedaan yaitu kandungan Zn yang terdapat pada NPK Phonska Plus. Meskipun kedua pupuk ini masing-masing memiliki kandungan yang sama 15% unsur hara dan 9% belerang.

  • Pupuk NPK 30-6-8

Pupuk NPK 30-6-8 ini diproduksi oleh pupuk kujang, Cikampek.  Angka 30, 6 dan 8 pada pupuk NPK ini mengacu pada kandungan 30% nitrogen 6% fosfat dan 8% kalium. Sedangkan manfaat dari pupuk NPK 30,6 dan 8 ini adalah dapat mempengaruhi sifat tanah akan menjadi lebih gembur, dapat meningkatkan daya serap unsur hara pada tanaman, kemampuan tanah dalam menyerap air dapat meningkat sehingga kesediaan air tanah terjaga, dapat meminimalisir kehilangan unsur hara, mikroorganisme pada tanah dapat meningkat dan lain-lain.

Baik pupuk organik, pupuk tunggal dan pupuk majemuk memiliki tujuan yang sama yaitu sebagai bahan tambahan agar tanah dapat menjadi lebih subur. Dan hal tersebut merupakan fungsi dari pemupukan. Sedangkan pupuk memiliki arti bahan yang dipergunakan agar dapat mengubah sifat kimia, fisik, biologi tanah sehingga dapat menjadikan tanah lebih baik untuk ditanami. Selain itu tujuan dari dilakukannya pemupukan adalah agar perkembangan tanaman, antara pelapukan batuan serta pelapukan sisa organisme dapat seimbang.

Penjelasan tentang rumus kimia pupuk NPK di atas merupakan penambahan wawasan bagi kita agar lebih paham tentang unsur apa saja yang terkandung pada pupuk yang kita gunakan untuk tanaman. Dengan mengetahui kandungan unsur hara yang terdapat pada pupuk. Dapat kita pergunakan untuk lebih selektif lagi dalam pemilihan Pupuk untuk tanaman kita.