Tanaman Sawit

Beberapa Pilihan Pupuk Tanaman Sawit Terbaik

Tanaman sawit adalah tanaman yang memiliki potensi tinggi sebagai tanaman perkebunan. Nah, untuk menghasilkan jumlah buah yang banyak, Anda harus merawatnya dengan benar. Mulai dari cara menanam hingga memberikan pupuk sawit terbaik untuk tanaman Anda. Bagi Anda yang belum tahu apa saja pupuk terbaik untuk tanaman Anda, berikut ini adalah ulasannya.

Pupuk Urea

Salah satu pupuk yang paling cocok dan paling banyak digunakan untuk tanaman sawit adalah pupuk urea. Pupuk urea merupakan pupuk yang memiliki kandungan nitrogen yang tinggi. Bahkan bisa di katakan pupuk ini memiliki kendungan tunggal nitrogen.

Kandungan nitrogen merupakan kandungan yang sangat baik untuk tanaman terutama kelapa sawit. Nitrogen sangat penting digunakan pada tanaman karena dapat memaksimalkan pertumbuhan tanaman. Nitrogen merupakan salah satu unsur nutrisi yang sangat penting bagi tanaman. Dengan usur nutrisi yang terpenuhi, tanaman di perkebunan kelapa sawit dapat tumbuh dengan optimal.

Pertumbuhan optimal dari kelapa sawit ini bisa dilakukan karena nitrogen dapat menyebabkan daun tanaman menjadi lebih hijau. Hal ini memberikan keuntungan karena daun yang hijau dapat menyebabkan fotosintesis dapat berjalan dengan maksimal.

Selain meningkatkan pertumbuhan, keberadaan pupuk urea atau unsur hara N di tanah perkebunan sawit ini juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah buah hasil panen dari sebuah pohon kelapa sawit. Dengan unsur pupuk N yang ada di dalam tanah, hasil panen akan meningkat baik secara kualitas maupun kuantitas.

Pupuk TSP

Pupuk selanjutnya yang bisa diberikan pada tanaman kelapa sawit adalah pupuk TSP pupuk TSP adalah singkatan dari Triple Super Phosphate. Pupuk ini merupakan pupuk yang sangat cocok untuk tanaman kelapa sawit. Seperti pupuk urea, pupuk TSP ini merupakan salah satu jenis pupuk kimia.

Pupuk ini banyak digunakan untuk tanaman sawit karena kandungan kalsium, hidrogen dan fosfatnya. Dari 3 kandungan ini, kandungan fosfat dari TSP adalah yang paling utama. Pupuk ini merupakan salah satu pupuk yang sangat populer pada abad ke 20. Akan tetapi dengan banyaknya jenis pupuk lain yang berkembang, peminatan terhadap pupuk ini menjadi lebih kurang dibandingkan sebelumnya.

Meski penggunaan pupuk ini masih kurang dibandingkan di masa lalu, akan tetapi pupuk ini masih dinilai sebagai salah satu pupuk terbaik untuk tanaman kelapa sawit. Pupuk ini merupakan pupuk yang terbaik karena memiliki banyak manfaat. Manfaat utama dari pupuk TSP ini adalah untuk perkembangan akar. Dengan penggunaan pupuk ini, tanaman sawit akan memiliki akar yang lebih lebat dan lebih kuat.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan akar, keberadaan pupuk yang tinggi unsur fosfat ini juga sangat penting untuk proses fotosintesis, pembentukan bunga dan mempercepat proses pemasakan biji sawit. Artinya dengan menggunakan pupuk sawit terbaik ini, proses panen kelapa sawit akan lebih cepat.

Selain cepat, pupuk TSP ini juga bisa membantu meningkatkan dan memaksimalkan produktivitas dari tanaman kelapa sawit. Hal inilah yang membuat perkebunan kelapa sawit menjadi lebih produktif dengan hasil panen yang berkualitas.

Pupuk MOP

Produk pupuk lain yang tidak kalah penting untuk tanaman sawit adalah pupuk MOP. Pupuk MOP juga disebu dengan Pupuk KCL. Pupuk ini merupakan pupuk yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan Kalium pada tanaman sawit. Pupuk KCL sangat penting dalam pertumbuhan tanaman sawit. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu mendukung pertumbuhan batang.

Bagi tanaman kelapa sawit, pertumbuhan batang merupakan salah satu hal yang sangat penting. Pasalnya, batang yang kuat dapat membantu mendukung produktivitas dari tanaman sawit. Batang yang kuat dapat membantu menopang pohon, biji dan tentunya menjaga pohon dari guncangan alam.

Akan tetapi selain dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan batang, penggunaan pupuk sawit ini juga dapat membantu pembentukan buah kelapa sawit. Inilah yang membuat tanaman kelapa sawit menjadi lebih subur dan memiliki produktivitas yang tinggi.

Dilihat dari persentasenya sendiri, pupuk KCL memiliki kandungan kalium sebanyak 60%. Dengan kandungan kalium yang tinggi ini, pupuk KCL menjadi salah satu pupuk yang memiliki manfaat dan fungsi yang sangat luas selain dari 2 fungsi yang sudah disebutkan sebelumnya. Contoh manfaat lain dari pupuk KCL untuk tanaman sawit adalah untuk mengatur fotosintetis, mengaktifkan enzim dan untuk sintesis minyak.

Jika tanaman sawit kamu kekurangan kalium, maka tanaman satu akan mengalami gejala defisiensi seperti munculnya bercak oranye munculnya bercak putih dan juga midcrown yellowing. Biasanya strip putih akan muncul jika terjadi ketidakseimbangan pada pupuk sawit terbaik di mana kandungan N dan K tidak setara.

Pupuk Kieserit

Pilihan pupuk lain yang tidak kalah penting dalam pertumbuhan tanaman sawit adalah pupuk kieserit. Pupuk kieserit adalah pupuk yang sangat populer digunakan pada tanaman minyak-minyakkan seperti tanaman minyak sawit. Pupuk ini adalah salah satu pupuk yang sangat bermanfaat untuk tanaman sawit karena dapat membantu meningkatkan kadar minyak pada tanaman sawit.

Bukan hanya meningkatkan kadar minyak, pupuk kieserit ini juga dapat membantu membuat warna hijau daun pada tanaman sawit menjadi lebih hijau. Selain membuat daun tanaman menjadi lebih hijau, pupuk kieserit ini juga dapat meningkatkan pertumbuhan anakan dan juga pembentukan bintil akar.

Selain itu, pupuk kieserit juga memiliki manfaat untuk membantu metabolisme tanaman minyak sawit, membantu aktivasi enzim dan tentunya membantu proses fotosintesis seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Pupuk ini memiliki banyak manfaat untuk tanaman sawit karena kandungan belerang atau sulfur yang dikandungnya.

Pemupukan pada saat pembibitan

Pemberian pupuk sawit terbaik yang disebutkan di atas merupakan pupuk yang terbaik digunakan saat tanaman sudah mulai tumbuh dan persiapan masa panen. Akan tetapi selain membutuhkan pupuk pada saat masa panen, tanaman sawit juga harus di pupuk dari masa pembibitan. Nah, dalam masa pembibitan ini biasanya para petani akan membutuhkan 2 jenis pupuk yaitu kieserit dan juga pupuk NPK.

Untuk penjelasan mengenai pupuk kieserit sudah disebutkan sebelumnya, jadi dalam kesempatan ini kami akan membahas mengenai manfaat pupuk NPK untuk tanaman sawit. Pemberian pupuk NPK untuk pembibitan sangat penting untuk tanaman sawit. Pemupukan ini baik dilakukan dengan cara majemuk atau tunggal.

Nah, manfaat dari pemberian pupuk NPK sendiri adalah untuk mempercepat pertumbuhan tunas dan daun vegetatif. Dengan pemberian pupuk NPK ini daun akan menjadi lebih hijau dan pertumbuhan tanaman sawit menjadi lebih cepat. Inilah yang membuat pupuk NPK menjadi sangat penting pada proses pembibitan.

Nah, bagaimana sudah tahu bukan beberapa pupuk yang penting dalam perkebunan sawit. Meski sangat bermanfaat, akan tetapi pastikan Anda tahu bahwa pemberian pupuk sawit terbaik di atas tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Pastikan Anda tahu beberapa banyak jumlah pupuk yang harus kamu berikan pada tanaman untuk mencegah terjadinya keracunan pupuk.